Saturday, March 28, 2009

SECURE

safety zone :where'll you find your happiness?
nobody wants to feel insecure.
makanya orang berbondong-bondong ikutan prudential,askes,dan semacamnya
agar diliputi rasa aman.
tak ayal karena rasa aman adalah bagian dari kebutuhan dasar manusia.

belakangan ini hujan gak bosen-bosennya melanda jakarta
asik sih dingin-dingin asoy gitu..tapi lama-lama bt juga
apalagi klo banjir



masa-masa sma yang menurut gw
sangat 'aman'



tebak ini lagi banjir ato gak??


susah bgt mau keluar rumah
sampai gw berpikiran buat usaha perahu karet
atau banana boat
jadi orang-orang yang gak kesampaian liburan bisa memuaskan hasratnya cukup selangkah dari rumah..
gw bingung kenapa hati gw semulia ini.


di becak ini gw merasa secure.. *)



pas udah lumayan surut gw pergi ke daerah deket rumah gw..kelapa gading
gw kira daerah ini mulai elit..tapi ternyata..hancur total!
aspal jalanannya bolong-bolong kayak bulan bisa ngomong
kasian ban mobil gw udah dingin diajak off-road.
yang menarik,beberapa pemilik mobil disana sudah menyiapkan proteksi dini untuk melawan banjir..
knalpotnya dibikin tinggi.tinggi setinggi tingginya.
posisi hampr tepat disebelah spiom belakang.
usaha mereka boleh juga.
at least mereka bisa pake mobil waktu banjir tanpa mogok.
kayaknya mereka lebih sayang sama knalpot daripada bodi mobilnya.
gw saranin sih orang-orang ini beli kapal selam turbo 2000.
kasian banget abisan mobil audi yg seksi begitu masa diajak berenang..
ga sopan.

bicara tentang safety zone..gw pengen tau kenapa ada beberapa orang yang memilih menjalin hubungan sama orang yang baru kenal..dan ada juga orang yang lebih asik sama orang yang sudah (keburu) dekat dengan mereka


.dugong adalah binatang yang sangat tidak secure.
lemah,gemulai,dan gemuk.(pantes cepet punah)



daerah aman adalah daerah yang sepenuhnya kita mengerti dan kita kenal.
lebih tepatnya seperti daerah kekuasaan.
kita bisa mengontrol hal-hal di daerah batas aman tersebut.
sedangkan daerah diluar pengetahuan kita adalah unknown area.
belum pernah kita jelajahi dan tampak asing buat kita.
daerah itu sebenarnya BUKAN tidak aman.
kita cuma bisa tau daerah itu aman atau tidak ketika sudah keluar dari safety zone kita.
kita yang harus memilih : ingin memperluas daerah kekuasaan kita atau tidak?
menguasai disini bukan arti harafiah.
menguasai disini lebih kepada pengontrolan diri.dengan berlaku 'out of the box' kita jadi bisa punya lebih banyak pengalaman ketimbang orang lain yang tidak berani melakukannya.
makanya nenek-nenek suka bilang "jangan seperti katak dalam tempurung"
intinya sih sama aja.
tapi gw ga ngerti kenapa mesti katak?
mungkin dulu waktu nenek masih kecil suka menangkap katak terus dimasukin dalam tempurung.
atau mungkin ada legenda katak yang takut dimakan ular berbisa lantas dia bersembunyi dalam tempurung.
klo ada yg exactly tau tolong kasi tau gw.
seriously.



dempet-dempetan sama teman-teman..
so secure :)




bebas adalah salah satu ciri merasa secure



balik ke masalah tadi..
in a relationship..
kita mencoba membuat hubungan khusus dengan seseorang.
hubungan yang spesial dengan dasar saling sayang,saling peduli,saling silang..
gimana mau sayang kalo gak kenal?logikanya sih gitu..
tak kenal maka tak sayang..
tapi ada juga karena emang sudah kenal..berarti kita tahu tindak-tanduk,tabiat-tabiat baik maupun buruk yang dimilikinya..dan udah keburu ilfil..
gimana dongdong?dangdingdong..

salah seorang teman pernah minta pendapat gw tentang seorang gebetan yang udah lama dia incar..
dan..wow ternyata si dia juga ada hati sama temen gw ini. *huoo
dan..wow masalahnya temen gw ini udah 5 tahun jalan dekat dg seseorang *huoo dasar
sebagai teman yang baik dan bijaksana gw mencoba memberi solusi.

"gw gak tau ya..ini bener apa nggak..",sabda gw sambil mengelus-elus jenggot(well,ternyata gw ga punya),"tapi menurut gw lo ikutin kata hati lo mana yang paling bisa bikin lo bahagia..lo jalanin aja."

"yahh..gimana ya klo si bagong (siapanya kek-red) kan udah ketauan nih dia emang sayang sama gw..walaupun gw biasa aja sih ke dia..tapi klo liat si semar (gebetannya-red).Oooohh..."

gw ga ngerti kenapa dia mendesah kayak gitu.mungkin si semarnya itu too hot too be true.

terus dia ngelanjutin,"tapi kan gw ga tau orangnya gimana.gimana kalo dia gak bisa sesayang itu ke gw?gimana klo ntar gw malah kehilangan bagong?"

gw pgn bilang,"yeah,life's hard,kid."tapi gw urungkan.kesannya anti klimaks.
akhirnya gw bilang,"hmm..ikutin kata hati lo.karena lo ga tau apa-apa sebelom memilih antara keduanya.bisa jadi ini adalah JALAN lo dengan semar..atau UJIAN.. lo dengan bagong..oke?selamat mencoba.hati-hati dijalan.sedia payung sebelum hujan."

gw seperti melepas anak berangkat ke medan perang.
dalam hati gw yakin dia bisa memilih yang terbaik.
beberapa zaman berlalu..akhirnya dia bilang ga jadi ngedeketin semar.dia takut kehilangan bagong yang sangat menyayanginya.dia memilih daerah yang sudah dikuasainya.temanku ini memilih safety zone.

ok,that was her choice..ga bisa dibilang bener ataupun salah.semua itu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.
klo dari cara teman gw berpikir bahwa safety zone-nya itu memiliki beberapa keunggulan :

1.sayang bgt sama dia (jelas)
2.ga perlu menebak-nebak
3.ga mesti adaptasi dari awal lagi
4.hubungan bertitel 'companionship' yang dewasa dan tidak menggebu-gebu
5.cari sendiri
6.sumpah cari sendiri..gw blm pernah soalnya.*confession

tapi pastilah ada kekurangan juga yaitu:

1.dia ga tau..bisa aja si semar bisa lebih sayang ketimbang bagong..
2.kurangnya spontanitas yang bikin hidup lebih hidup.
3.gimana klo ternyata semar itu 'the one'??
4.atau..si semar punya kualitas yang lebih oke..who knows?
5.wah..lo harus ngerasain jadian ama orang yang lo suka.muanteb.ada kepuasan tersendiri memang..hohoho

gak heran kenapa dia memilih untuk stay dengan keadaannya sekarang ini.
daerah di luar safety zone memang kelihatan menjanjikan.tapi juga bisa sangat berbahaya.
tapi menurut gw ga ada salahnya mencoba.tapi untuk amannya..kita harus pake trik..yaitu smooth approach.jangan langsung 'hajar bray'!
jadi kesempatan untuk sedikit mengenal sang gebetan tercapai..sehingga dia bisa menimbang..tapi peluang untuk kehilangan orang yang terdekat dengan dia juga terminimalisir.
caranya?
bisa-bisanya elo deh.*uooh
ini gunanya tarik tambang eh tarik ulur bagi wanita.
haha kayaknya gw baru aja membocorkan rahasia besar.
sorry,ladies.. xp

tapi seiring berjalannya waktu..untuk relationship sebaiknya para wanita jangan terlalu lama bermain-main..mencoba-coba..
bukannya apa usia reproduktif kita paling bagus cuma sampai umur 35!
yah..sayang aja waktunya kalau kita lebih memilih kepuasan dari menaklukan unknown zone itu.
kecuali klo memang ga ada planning di hidup lo untuk punya anak dan beresiko lebih tinggi untuk kena breast cancer..silakan.
kerasa banget untuk para wanita yang umurnya udah twenty-something (unfortunately,me)..
'companionate' relationship yang dilandasi ketenangan dan ketentraman lebih menjanjikan kebahagiaan batin daripada hubungan 'passionate' yang hanya melihat seseorang dari luarnya saja..dengan hasrat bergelora demi kepuasan batin atau penghargaan dari orang lain.

pada dasarnya semua orang ingin merasa aman.
karena perasaan aman adalah salah satu kunci menuju kebahagiaan.
tidak ada yang lebih membahagiakan di dunia ini selain menemukan sebagian dari jiwa kita di diri orang lain.
tidak ada yang lebih menentramkan dan menghangatkan kecuali perasaan 'penuh' karena seseorang terus menerus menuangkan curahan hatinya pada kita.
it feels like finding a heaven in this world.
it feels like comin back home.
something that can explain what happiness is..

if you choose him/her
you choose to make a relationship
you've a responsibility to make it work.
relationship is not about finding the right person to love you
but being a right person for the one you choose to love.

cheeriO!









kira-kira sih begini

No comments: