Saturday, March 28, 2009

HISTORY

hiSTORY:should we pick up al esson or just stay??
Karena diterpa kebosanan yang teramat sangat gw memutuskan untuk berpetualang ke daerah kota tua.
bagi yang belom tau..tepatnya persis setelah mangdu (bagi mangdu-fab shopper) atau deket stasiun kota ( buat train-riders),atau cari aja sono di peta.

jalan-jalan ke tempat seperti itu membuat hati miris.gimana nggak? bangunan-bangunannya sudah reyot peyot.kayaknya gw tiup aja bisa amblas.tapi di luar itu semua masih banyak bule datang berkunjung.
entah bulenya kere atau emang excited.sebagai orang Indonesia terutama anak jakarta gw merasa keren. xp

perjalanan dimulai dari..rumah gw.segala puji bagi bapak..kita sebut saja Joel (bukan nama sebenarnya).ok2..bapak rifki yang sudah menjemput saya tepat pada waktunya.
karena gw buta arah,akhirnya gw (kurang) membantu dengan bacain plang ijo.



salah satu lorong museum Fatahillah

depan Toko Merah


baru sampe di museum fatahillah gw udah disambut oleh kecebong-kecebong kecil.
yak..mereka adalah monster berpakaian putih biru yang gak pernah sedetikpun memberi kesempatan ke gw buat memotret objek dengan sempurna..
sambil menghela napas dalam-dalam gw berusaha fokus mengamati barang-barang antik itu.hormon mereka yang sedang totally burst menciptakan hawa-hawa kurang sedap.
disini gw kurang tersentuh.maaf.




Menara Syahbandar


gw girang bukan main karena bisa naik sepeda ontel.
setelah bernegosiasi sama abang-abang ontel akhirnya kita diantar ke lima tempat.
pelabuhan sunda kelapa,menara syahbandar,museum bahari,jembatan merah,dan toko merah.

gw sangat puas karena sudah ke jembatan merah.gw juga paling tersentuh waktu disini.
kenapa coba?bayangin..kalo gak ada jembatan.bagaimanakah cara ratu juliana lewat?
terus menurut gw tahun 1600-an sudah ada ide bikin jembatan yang tengahnya bolong eh tengahnya bisa dibuka kalo kapal lewat merupakan ide yang sangat brilian.hidup belanda!(?)

abang ontel pun dengan sigap memotret kami sambil terus bercerita..juga bertanya:kenapa namanya jembatan merah? gw jawab:warnanya merah! benar!.yeaaay!
kemudian pas di toko merah si abang dengan gagahnya bertanya lagi:kenapa namanya toko merah? gw jawab lagi dengan semangat takut keduluan rifki :warnanya merah bang! benar lagi!yes!
gw mengakui skill abang ontel amat luar biasa.and i love him to be my tour guide. x)

gw juga sempet foto berdua sama dugong (dugong beneran bukan daisy 'dugong'..astagfirullah..) yang telah diawetkan.
kasihan mungkin ia terdampar.sekarang ia sendirian. temannya hanyalah kesunyian dan kapal suku asmat.

tempat-tempat bersejarah seperti yang gw sebutin tadi kondisinya sangat memprihatinkan.sama seperti sejarah negeri kita jaman dulu..terjajah,terlindas,terhinadina..
gimana ya kalo udah ga ada orang yang rela berkunjung sembari memberi retribusi yang sekadarnya itu..just for honor what people did in the past..for our own life now and later on.
semoga masih banyak anak bangsa yang hatinya terpanggil seperti gw dan Joel (rifki:red) mau menghargai jasa-jasa para pahlawan.amin.
dan semoga thomas matulessi a.k.a pattimura dan kawan-kawan diterima disisinya.Amin.

sejarah memang merupakan masa lalu.titik.
waktu yang belum berlalu bukan sejarah namanya.
tapi bagaimana kalo ini adalah menyangkut masa lalu seseorang..
seseorang yang dekat dengan kita..atau at least yang akan dekat dengan kita.
in a relationship..
Apa kita mesti selalu menilai pasangan dari masa lalunya?adil atau tidak?

kalo orang jawa dulu bilang..milih jodoh itu harus ditimbang bibit,bebet,dan bobotnya.
silsilah keluarga,keturunan darah biru atau darah ayam,ningrat atau bukan,dll.
bagus sih..jaga2 buat kehidupan yang lebih baik daripada nyesel nantinya.
tapi pada akhirnya tidak ada satupun yang menjamin kebahagiaan kita di masa depan.
karena bukan dengan siapa kita akan hidup tapi bagaimana kita menyikapi hidup.

gw pernah denger tuh seseorang yang gak jadi menjalin hubungan dengan seseorang karena ada gosip yang tak sedap dari masa lalu.
masalahnya karena cowok itu adalah mantan pengguna drugs.
kalo gw liat-liat sih cowok itu perfectly healthy.cerdas,bersemangat,jago baseball,sayang ibu,jago origami..*enggak sih*
tapi please cowok ini normal! ga ada tuh tampang-tampang teler,beler,meler..

yah,just because kebenaran dari masa lalunya ini tersingkap..jadi deh si cewek yang dideketin ini mengambil langkah seribu.
sedihnya lagi si cewek ini mengumbar ke orang-orang kalau si cowok kepedean dan gak bakalan bisa mendapatkan dia.she thought she was obviously gorgeous.
but being gorgeous gak lantas membuat lo bisa mengontrol kehidupan.

perih karena gak diterima (cuman) karena masa lalu dan itupun bukan sepenuhnya salah si cowok..yang gw tau cowok ini ternyata mengalami child abuse..
si cowok sadar cewek ini gak baik buat dia.
she's not the 1.
dan ternyata..si cowok ini berhasil menemukan cewek yang tepat buat hidupnya.seorang sosialita yang memiliki keahlian yang patut diacungi jempol di bidang hukum.
dan yang pastinya cantik dan oke.she's hardly perfect.tapi yang terpenting dia menerima cowok itu apa adanya.
life is not about controlling your life or someone else's ..but about handling your problem in control.

terus bagaimana dengan cewek-cewek (including gw tentunya) yang terkadang masih suka risih dengan masa lalu pacar dengan mantannya..atau mantan gebetannya.
topik mantan itu adalah hal yang selalu hot untuk dibicarakan.ngaku aja 52 dari 52 cewek merasa tersensitisasi alias gatel kalo udah menyangkut masalah mantan.
terkadang bukan memang ada apa-apa tapi yahh..pengen tau aja.
dan dari 'pengen tau aja' inilah biasanya ujung-ujungnya kita tau sendiri,ladies..we had a fight.
a super duper chumba wamba not so so very important fight.
melelahkan hati.
menyesakkan dada.
meremukkan badan.
dan gak guna.
sekarang gw tau kenapa pilot kebanyakan cowok.(?)
kenapa?
gini..klo pilot wanita sedang bekerja terus..
sang co-pilot bertanya:"Anda tahu,kemarin saya lihat kekasih anda bersama ses XX di toko material.bukankah dia mantan istri ketiganya?"
pilot wanita mengerutkan kening kemudian menjawab:"tuh kan..saya sudah mengira dia..saya sudah mengiraaaaaaaaa....AAAARRRGGHHHH."
si pilot wanita kehilangan kendali,co-pilot tidak sanggup menghentikan pilot wanita yang mengamuk.pesawat oleng..salto diudara.sempat berotasi 34 derajat kearah utara sebelum akhirnya terhempas
ke bumi.They had a crash.badan pesawat mencium gunung kilimanjaro.they had a french one.
122 tewas.11 luka berat.32 tidak ditemukan.
1 selamat..which is si pilot wanita..sekarang ia pergi melabrak kekasih dan mantan istri ketiganya itu.
ok,enough.

jadi jangan sekali-kali mengusik seorang wanita dengan gosip tak sedap dengan 'sejarah' itu.
dan fakta membuktikan wanita yang sedang dibakar api cemburu akan lebih kuat dari the hulk!
jadi jelas kenapa si pilot wanita selamat.

sejarah maupun masa lalu seseorang bisa mengharukan,menyedihkan,berbahaya...
memang sangat beragam.
jadi apakah kita sebaiknya mengambil pelajaran daripadanya sehingga tidak melakukan kesalahan yang sama di kemudiaan hari atau masa
lalu itu membuat kita jalan di tempat..takut mengambil tindakan?
well,klo menurut gw sih kita harus 'do something'..ambil resiko!

Terlalu takut memikirkan apa yang akan terjadi hasilnya akan menjadi lebih buruk dibanding kita mengambil resiko itu sendiri.
selain itu..we never grown up.resiko yang kita pilih apapun itu akan membuat kita lebih besar dan bijak nantinya.
dari resiko itu akan terukir sejarah.sejarah baik..ketika kita menang..berhasil..
sejarah buruk ketika kita sedih dan kalah..
dan gw sangat setuju untuk pick a lesson from it..and go ahead!
jangan pernah jalan ditempat.

so if u decide to love someone..
apa dan siapapun dia
nilailah dia (hanya)dari dirinya

entah mantan pemakai,penjudi,pecatur(?)
anak seorang mantan pemutilasi..
anak seorang mantan presiden..

entah mantannya adalah musuh terbesar..
atau sahabat karib..
seorang berkaki panjang..yang kini tak punya kaki..
seorang tak berkaki..yang akhirnya memakai kaki palsu..

atau ia pernah menyakiti hati 1000 wanita..
atau ia sempat melukai dirimu
membuat lubang besar dalam hatimu..

if anything goes well and you find 'it'
let your heart take over your head to think
life is short and we deserve better!
hiSTORY is just a STORY.

cheeriO!









jembatan merah



hampir diangkut ke kalimantan


No comments: