Saturday, March 28, 2009

BOUNDARIES

Sunday, February 22, 2009 at 10:42pm


Gw kaget.
tiba-tiba dimeja komputer ada foto gw


tanggal 15 mei 1997
which is gw masi umur 9 taun
disitu gw lagi pakai dress (ga dresss juga sih) navy kayak popeye si pelaut..
pake bando dengan rambut ‘over-volumized’
kulit gosong
gigi tonggos
badan tambun
huah
dalam hati gw bersyukur,masa jahiliyah gw sudah lewat.
amiin
tapi ada satu yang membuat gw kehilangan dari masa-masa itu
di foto itu tatapan gw masih sangat polos,innocent,dan bebas dari dosa
pemikiran gw juga masih bersih..ga macem-macem
tidak ada muka-muk a depresi
muka mau gila dengan exams yang ‘pergi meembunuh’
panik karena bentar lagi pangkat gw jenderal bintang 1^
atau muka carut marut karena duit abis sebelum waktunya..
semua yang berbau dewasa memang ribeut
tapi gw mikir juga..

gimana kalo gw cuma nambah umur aja..tanpa pemikiran gw menjadi mature?
gimana klo gw tidak pernah bisa menjadi seseorang yang wise dan punya jati diri?
sampai sekarang pun gw masih blom bisa mendefinisikan diri gw sendiri
how sad

kemarin gw berkelana (lagi) dengan Joel^^
mengunjungi serpihan-serpihan masa lalu ibukota Jakarta kita.
our journey started @ taman prasasti a.k.a kuburan Belande.
baru masuk kita udah dicegat ama bapak2 berkumis
juru kunci makam
he said that..
GA BOLEH BAWA KAMERA
udah gila
lo kira gw mau ngelayat nenek moyang gw?
Ato gw disuruh baca yasin depan nisan si mister van den pool?
Ga deh makasih.
Gw mangut-mangut
Joel pasrah
Asal bapak senang

kuburan yang asik


Ternyata Joel membawa 2 kamera l agi di tasnya *HAHA
Diantaranya Konica Wai-wai yang emang kawaii ama Kamera lomo: mbak Diana F+ yg seksi abis..(iklan)
Sambil menjauh dari gerbang loket sesi pemotretan mulai berjalan
Entah gw emang feeling atau gimana
Baju gw yang item-putih rada2 gothic gt sangat pas dengan suasana yang mencekam.








Museum Prasasti
(2x koprol dari Monas)

dilihat dari struktur..pmakamann ya sangat artistik
Klo dirawat bener-bener lebih mirip halaman istana dibanding kuburan
Aristokrat & tertata rapi
Tiap nisan dilengkapi dengan patung yang sesuai dengan karakter sang almarhum
Contohnya makam bayi,patungnya cupid..kayak malaikat kecil gitu lah
Trus klo makam perawan patungnya berbentuk wanita yang wajahnya ‘terluka’ (mungkin cara matinya memilukan)
Klo makam penyanyi rock patungnya kurt cobain lagi moshing..*boong deng



Yang paling menarik bagi gw adalah satu rumah kecil yang berisi pemakaman sebuah keluarga
Keluarga itu ada 4 orang..konon katanya..
Mereka dibunuh secara bersamaan oleh anggota keluarga mereka sendiri..
Tak lain dan tak bukan..
Anak lelaki satu-satunya dari keluarga itu..
Kabarnya ia menderita schizophrenia
Disaat ia kehilangan akalnya
Ia mulai menombak satu persatu anggota keluarganya yang tengah terlelap..
Setiap malam pertama bulan purnama..ada suara tangisan..

Oke, gw ga bermaksud menulis horror
Cukupi saja sampai disini..
Setelah gw inget2 itu kan film the house atau amytiville horror gitu deh hehe

Gw kagum
Orang dulu ternyatasangat menjunjung tinggi dan menghargai jasa-jasa orang yang telah mendahului mereka.
Karena mereka membuat tempat peristitrahatan terakhi r dengan sangat indah.niat banget.
Sehingga walau usianya sudah lebih dari 2 abad masih terkesan menawan
Buktinya ga abis-abis tuh orang yang bikin foto buku tahunan disana…
Foto-foto prewedding juga..padahal mesti bayar 350 rebu..
Coba deh..ga ada kan orang yang mau bikin foto-foto prewedding di kuburan sunan giri?
Bukannya lucu malah spooky karena dikira bikin film kuntilanak beranak..

Sekarang pemakaman umum di Jakarta kondisinya banyak yang memprihatinkan
Kondisinya udah gak terawat..
Apalagi sekarang kan memang mesti bayar buat biaya perawatannya
Jadi deh..kuburan yang ga diperhatikan oleh keluarga yang bersangkutan nisannya udah ga kelihatan lagi. .
Malah kadang-kadang ditimbun aja gitu sama jasad yang baru.
Jangankan kita tahu siapa yang ada dibalik liang lahat itu.
Ada ato gak aja mungkin pada ga nyadar
Apa sekarang pemikiran orang-orang sudah berbeda?
Apa sekarang unsur keindahan bukanlah sesuatu yang layak dipertahankan?
Semua terkesan praktis..
Terkesan bahwa orang semakin tidak peduli

Diantara kalian yang anggota keluarganya telah lebih dahulu berpulang..
Entah nenek,kakek,ayah,atau ibu,dsb.
Ingatlah mereka memang sudah tidak ada disisi kita..
Tapi mereka akan tetap bersemayam selamanya di hati kita

Sebagai muslim gw emang tidak menyarankan adanya patung-patung apalah itu
Tapi seenggaknya pemakaman dibuat su paya tetap rapi
Bukannya apa..malu juga kan kota besar kayak Jakarta pemakamannya amburadul
Kesannya juga jadi menyeramkan.
Gak heran klodigusur buat dibikin mall
Coba kalo pemakaman di Jakarta dibuat kayak taman..
Selain mempercantik kota..kan juga menambah dareah resapan dan paru-paru kota.
Orang-orang pun ga segan-segan main ke sana buat sekedar cari angin atau jalan2 sore
Lebih sering mengunjungi makam keluarganya..
dan at least mereka ga akan pernah lupa sama pend ahulu mereka..
Btw soal pemikiran orang jaman dulu dan sekarang..
In a relationship..
Gw menemukan banyak perbedaan soal hubungan antara lelaki dan perempuan
Dari jaman dulu dan sekarang..
dewasa ini..*hayah cewek-cwek terkesan lebih berani..mungkin juga karena udah ada yang namanya emansipasi wanita yang telah dicetuskan oleh R.A Kartini..



gw jg kesini nih..
Gedung Arsip Nasional yg sempet
dikunjungi Hillary Clinton.


Mungkin diantara orang-orang cara pikir gw dalam membangun sebuah hubungan sangat kolot lagi konvensional.walau gw hidup di taun 2009..jaman ‘edgy’-nya Victoria Beckham ..pemikiran gw masih 11-12 sama pemikiran cewek-cewek taun 1800-an..jaman Ratu Victoria berkuasa..karena menurut gw :

1)Man always comes 1st

Gw sangat menjunjung tinggi hal ini..gw berprinsip sperma selalu menuju ovum..dan bukan sebaliknya..
gimana klo dibalik…ovum yang menuju sperma?
wew..bisa2 1000 dari1000 wanita usia reproduktif sedang dal am keadaan hamil..dunia akan penuh sesak dengan bayi-bayi yang terlahir di luar rencana..kemiskinan merajalela..perang dunia ketiga..akhir dari dunia fana..*yang ini gw berlebihan*

Tapi bukan berarti cewek ga responsive loh..bisa dibedakan kok respon yang agresif atau
asertif.cewek yang asertif bisa mendapatkan cowok yang sesuai dengan cara yang berkelas tanpa terkesan murahan.

Di notes lain bisalah kita bahas lagi soal hal ini..




2)’eX’ is just an ‘eX’ not an ‘eX’-traordinary friend

Ga ada tuh yang namanya memberikan perhatian terhadap mantan secara berlebihan.Karena selain merugikan &mengganggu salah satu maupun kedua belah
pihak..hal ini juga menyebabkan pikiran kita tidak terbuka untuk the other opportunities..
Jadi kalo hubungan sudah tidak bisa dipertahankan sampai break-up bagi gw romantisme akan berakhir sama sekali.
Intinya mah klo masih bisa dipertahakan jangan sampe putus..dan klo putus buat apa masih dipertahankan ..
As simple as that.
*I CONFESS:blm 100% gw melakukan hal ini..sikap boleh cuek.but u will never know..how deep is woman’s heart..

Tetap jaga hubungan baik dan sewajarnya.
Klo masih bisa jadilah temannya.
Perlakukan mantan secara manusiawi itu penting (ternyata) hha

3)Please select your relationship status:

A.SINGLE
B.In a Relationship
C.ENGAGED
D.MARRIED

Gw selalu dan akan selalu mempunyai definisi yang jelas atas hubungan ataupun status yang tengah gw jalani.jadi kalo sekarang lagi happening bgt tentang Hubungan Tanpa Status (HTS) atau Teka –Teki Monyet (TTM)..gw tetap berpendirian bahwa status itu ya Cuma keempat hal diatas.

Dalam hal hubungan..kaum wanita biasanya sedikit banyak ak an lebih dirugikan dibanding pria.jadi gak ada salahnya untuk meminimalisir hal itu dengan menjadi cewek yang punya ketegasan dan harga diri.

Dengan status yang jelas kita juga akan mengerti batas-batas kewajaran,hak dan kewajiban,maupun porsi dan responsibilitas kita dalam hubungan yang tengah dijalani.
Kesannya memang terkadang: “alah..serius amat sih ri,kan masih muda ini..” atau “yaelah seneng-seneng aja dolo..”.

Tapi karena gw adalah penganut hu kum karma..
That u’ll get what u give..
Dan pas gw belajar fisika jaman sma diajarkan bahwa ‘Aksi=Reaksi’
Maka..terciptalah beberapa pemikiran gw..
Janganlah berselingkuh bila tidak mau diselingkuhi
Janganlah berbohong bila tidak mau dibohongi
Janganlah bermain-main bila tidak mau dipermainkan.

Kita boleh merasa sangat kuat dalam suatu waktu
But the world is round anyway..
Dan roda kehidupan berputar terus..
Bukan tidak mungkin esok adalah titik nadir dalam kehidupan kita..
watch out..

pastinya banyak orang yang tidak sejalan pemikirannya dengan kita.
Tapi tetaplah menghargai pemikiran-pemikiran mereka sambil tetap pada pendirian kita.
Karena setiap orang mempunyai otak masing-masing..tentulah buah pikirannya juga berbeda..
jadi mustahil untuk menyamaratakan semua pendapat.

One thing that we can do is being bold and show our respect..

So,if you have your own thoughts or ideas..
Jangan pernah takut menyuarakannya

Everybody has his/her own brain to think..
Everybody has his/her own heart to feel..
Ikutilah suara hati terdalam sebagai lentera
Untuk menunjukkan jalan yang benar disetiap persimpangan hidup
Ketika kita punya pemikiran atau pndirian yang kuat
Apapun itu..
Karakter itulah yang akan membangun kehidupan kita nantinya
Jadilah yang terbaik untuk diri sendiri
Bukan terbaik versi kedua orang lain.
Cuma kita yang bisa mencintai diri kita sepenuhnya dengan mendengar suara hati
sendiri..

Happiness is a choice..
Pilihlah yang menurut kita akan membawa kebahagia an dan ketentraman dalam diri..
Karena semua orang mau terlibat dalam hubungan supaya hidupnya lebih lengkap dan sempurna,kan..

Nikmati perjalanan ini..
Karena hidup bukanlah ukuran dari waktu namun makna dalam tiap momennya

Tetap sehat ..tetap semangat..supaya kita bisa jalan-jalan lagi^^^ menjelajah setiap sisi kota dan hubungan juga pastinya..
Karena mungkin gw bakal jarang nulis karena udah mau ujian HIS…*damn
Jangan lupa makan sayuran
Tengok kiri-kanan sebelum menyeberang..

cheeriO!


Ket:
^jomblo 1 taun
^^baca notes gw yang ‘history:….’
^^^quote nyah Mr.Bondan Winarno (wisata kuliner)



other pics :


bapak Joel sangat bahagia menemukan pasangan hidupnya..sebuah meriam..



didepan kuburan madame something..

No comments: