Friday, March 27, 2009

PRIORITY

matcha moon-->prioritas gw


duluan mana telor dulu ayam dulu?
karena semua berawal dari embriologi..
keyakinan gw adalah TELOR duluan..

gimana kalo menurutlo?
apa yang harus lo dahulukan saat ini?
dengan bangga dan penuh keyakinan pasti banyak dari kita yang mentingin sekolah/kuliah dulu baru cari kerja, atau menimbun kekayaan dulu baru kawin..ada yang mendahulukan keluarga...
mendahulukan makan dari napas (itu gw),mendahulukan yang menurut kita seharusnya didahulukan.. makan diatas
segalanya... xp



kalo kita punya kaidah sendiri atas urutan prioritas emang ga ada abisnya.Gak jarang kita tenggelam dari idealisme kita sendiri,membuat manajemen kehidupan kita dengan begitu sempurna..walau terkadang sebenarnya hati kita tertekan untuk melakukannya..
kita seperti menaiki tanggga dengan cepat tanpa mengetahui dinding yang tepat untuk bersandar..

gw pernah ntn film apa..gt..di desa tuh klo mau dibilang sukses harus sekolah yg pinter,ikut tes pegawai negeri,jadi pegawai,nikah umur 25-an,anak 2 biji cukup,dan punya uang pensiunan,bermain gundu sama cucu,lalu klo mangkat dikubur di halaman rumah..
yehh
gw ga bisa bayangin orang desa pasti ga akan maju klo semuanya pingin jadi pegawai..semua pingin kerja ama orang..ga ada lagi yang ngurusin sawah,ladang,tambak..

klo anak kota nih..contohnya mas boy (catatan si boy)
ga usah repot-repotlah dia kan tajir mampus..yang penting sekolah kelar,kuliah di states,jadi bos,kawin bolehlah umur 30-an dengan proses penyeleksian wanita yang sangat ketat,lalu barulah berkeluarga,jadi kakek nenek,main golep,klo udah waktunya..dikubur di pemakaman mewah..
pantesan orang-orang kota ga pernah puas..orientasinya otoritas,hedonisme,glamor..

gw ga bilang semua orang begitu..tau kan generalisasi..ini cuma screening dari pandangan gw selama ini..dan kebanyakan emang begitu..

intinya..ga jarang kita punya prioritas karena mengikuti prioritas orang lain yang menurut asumsi kita.."it works!".
Kita suka lupa kalo semua orang punya jalan hidupnya sendiri,kelebihan,dan juga kelemahannya sendiri.Dan mengikuti 'manajemen' yang sudah dari sononya itu belum tentu membawa keberhasilan yang sama bagi tiap orang.

dan buat apa sih kita ngikutin semua prioritas semu yang kita lakukan setengah hati yang cuma membawa kita ke keberhasilan semu?
Di mata orang kita bisa menjadi berhasil,namun keberhasilan diri dalam memenangkan ketentraman batin akan lebih penting..
U can be perfect from far away..tapi semua itu kosong..hampa..
dan semempesona apapun kita dimata orang lain ujung-ujungnya kita akan meninggalkan kefanaan ini..(si mas boy dan si villager akhirnya sama kan..venuenya aja beda :P)
kami punya perioritas masing2..
mau metal,jadi bebek,platipus,ato
sok asik..ga ada yg dosa.(trust me)



terus gimana caranya kita untuk membuat skala prioritas yang benar-benar sesuai dengan kita?
gimana caranya biar manajemen yang kita lakukan ini benar dan membawa kita ke dalam kebahagiaan yang sejati?

hmm..sampe sekarang gw juga masi nyari tuh..hhe

tapi ga kok.
klo dari pemikiran gw yang otoy-otoy geboy ini adalah gimana caranya kita bercermin.
terus nyisir,pake maskara,sedikit camouflage..eh itu mah mu ke kondangan yahh
maksudnyahh kita bercermin siapa diri kita..peran apakah yang kita jalani sekarang (sebagai anak pertama kah,ibu kah,atau mahasiswa kah,topeng monyet kah..)
sehingga kita sadar betul apakah yang mesti kita lakukan sesuai dengan prisnsip-prinsip yang benar seuai dengan hati nurani kita.
disini akan sangat vital bagi misi yang akan kita lakukan selanjutnya..
klo ga pake hati pastilah yang akan kita lakukan nantinya juga akan setengah-setengah..

nah,abis itu..
brb bentar panggilan alam... *hee




Naah sip.
abis itu baru deh kita menetapkan apa aja yang mesti kita lakukan untuk mencapai tujuan sesuai dengan peran kita.
contohnya..gw adalah seorang pelukis abstrak (ceritanya) apa yang harus gw lakukan biar lukisan makin abstrak? sampe muka-muka gw juga..?
ga gitu juga yah
gampangnya gini dah
gw seorang...sailor mars.
itu juga kekanak-kanakan.
mendingan realistis aja..gw seorang mahasiswa.
tujuan gw adalah jadi aesthetic dermatologist.
dalam hati nurani gw emang pengen,gw suka,gw obsessed,dan gw yakin hal itu.
untuk bisa jadi begitu gw menggunakan hari senin sampai jumat sore adalah 'jam kerja efektif gw'
pada akhir pekan gw akan menyediakan waktu untuk menyenangkan diri gw sebagai pompa untuk semangat gw minggu depan.
MISALNYA...begitu.

jadi kalo kita merujuk tujuan akhir kita apa dengan senang hati kita akan melakukannya..
dengan tantangan dan kerikil setajam apapun kita masih bisa bergerak smooth dan tersenyum.
apakah dengan prinsip gw yang kayak gitu juga memikirkan semua pihak?apa cuma egois diri gw sendiri?
tentu aja prinsip itu udah gw pikirin mateng-mateng biar semua komponen yang ada di hidup gw berjalan seimbang.
misalnya klo ngikutin yang tadi..senin-jumat bukan cuma waktu belajar,tapi juga baca buku yang berguna,mengembangkan minat nulis gw di majalah..,atau bisa juga mencobal hal2 baru.
terus sabtu tuh waktunya buat bersosialisasi ama temen-temen di luar range kerja gw sehingga gw bisa jadi 'orang gila' 1 hari,sedangkan hari minggu adalah family day.

kalo udah kayak gini gw bisa menjalankan hidup dengan ringan..emang ga mudah.tapi gw tenang karena gw bahagia ngejalaninnya.gw senang,keluarga senang,teman senang,tutor senang,bos gw senang,semua senang..

Pastilah prioritas yang gw ambil ini akan beda sama orang lain..tapi ini adalah apa adanya gw..sesuai dengan peran gw..sesuai tujuan gw..sesuai dengan kebahagiaan gw..
jadi buat apa ngikutin prioritas supernya orang lain klo ga bisa bikin kita tenang,damai,dan bahagia.

kita berhak memiliki kekuasaan penuh atas diri kita.we respect ourselves.
because time is precious.
too short to pursue HAPPINESS.

jadi gimana nih telor dulu ayam dulu?
yah suka-suka lo lah..
klo suka ceplok telor pasti pingin ada telor dulu di kulkas biar bisa digoreng.
klo pingin makan ayam bakar msti ada ayam yang udah gede,
yang udah dipotong-dibumbuin-lalu dibakar kan?

yang bikin seneng aja intinya.

cheeriO!

No comments: