Thursday, April 2, 2009

AFFIRMATION

Hari ini gw mabok formalin.

Sumpah kalo ada yang nemuin pengawet mayit aroma vanila ato lasagna gitu sini deh gw kasih nobel.

Tapi beneran loh.kayaknya gw sensitip dan emang udah ga karuan baunya..pulang-pulang muka gw berubah jadi ijo botol sprite,moon face,badan 20 x lebih buntal dari biasanya dan kuping gw jadi panjang..(eh itu mah shrek ya?)

Ya gitulah gw ngerasa ga enak badan abis lab anatomi.

Tapi kayaknya lebih “sakit” karena gw melewati 5 pos anatomi yang ‘super meaningful’ itu..

Jadi kelompok gw dan kelompok laen secara bergantian melewati 5 pos yang terdiri dari berbagai macam vaskularisasi.


Lab activity emang agak-agak gimana..gitu bagi kita jadi selama lab ada aja yang bikin kita geleng-geleng,garuk-garuk,atau mungkin malah ada yang jedot-jedotin pala saking gemesnya.(imut kale)

Salah satunya pas di salah satu pos tutornya nanya ke temen gw yang sungguh sangat tidak beruntung sekali nasibmu,kawan..”Nah,ini..ini..” tutor menunjuk kesalah satu bagian gambar di daerah jantung..,”Bagian apa ini?Ini bagian yang sangat penting..yang mengatur jantung supaya tetap berdenyut..” Oke,Irvan yang pandai segera menjawab,”hmm syaraf ya,Dok.Autonomic Nervous System” BEUH ..sedep ga tu.

“Apa???” Tanya sang tutor,sepertinya tidak mendengar.”Autonomic Nervous System,Dok..Simpatik & Parasimpatetik..” “Bukan..bukan..maksud saya apa namanya itu…”katanya tidak puas.

Karena Irvan ngerasa bener ya dia menjawab dengan pernyataan yang sama.kira-kira ada 15x.

“Apa namanya?Apa?itu namanya APA???”

Kita semua diem.Pasrah.Nyerah.angkat tangan.Kibarkan bendera putih.Mengheningkan cipta..mulai!

Dia akhirnya jawab sendiri..”Ya..maksud saya itu…NERVOUS.saraf..

Hmm..

Kayaknya… K


Anak-anak pada bengong,ada yang ga tahan ketawa-ketawa sampe nangis,dan yang lebih ekstrem lagi ada yang ngambil tas.pulang ke pangkuan bundo kanduang.*ga juga sih

Yang bikin gw seneng sebenernya cuma liat kadaver beneran aja sih karena selama ini kita jarang pake cadaver.Sedangkan menurut gw cadaver yang wujudnya the real human itu sangat penting..biar kita ga kaget nanti waktu nanganin pasien.


Selama ini gw lebih sering nanganin manekin yang dari latex itu.

Yaa..ga lucu aja tar gw lebih ngerti komposisi karet daripada manusia..

Mending gw bikin pabrik kondom daripada susah susah belajar anatomi..

No wonder kenapa dokter-dokter jaman dulu dasyat banget anatominya..abis mereka pake orang beneran.Simulasi yang lebih nyata memberikan kita skill yang lebih nyata juga..

Semirip-miripnya manekin tetep aja gw yakin ga ada yang mengalahkan jasad manusia itu sendiri..


Gw excited banget sama si aki mayit (yoi kadavernya ini orang tua gitu d).Maap-maap ya nih tapi kok menurut gw ,beliau tampangnya ga enak gitu,udah kurus,item,dikulitin pula..gak tega aja.gw heran apa emang si aki ini ga ada keluarga sama sekali ya..atau mungkin dia hidup sebatang pohon..eh sebatang kara..lalu meninggal karena ditabrak angkot..angkotnya lari gitu aja.abang-abangnya ga tanggung jawab..jiah..gw ngayal kemana-mana.

Mungkin gw keracunan gara-gara kebanyakan ngisep formalin.


Terus gw mikir..kalo semua orang siapa,apa,dan bagaimana pun orang itu pada akhirnya Cuma terbujur kaku begini..sebenernya apa sih yang kita banggain ama diri sendiri?

Trus apa sih misi kita dalam waktu yang sangat singkat ini di dunia?

Kenapa kita diciptakan untuk mati lagi?

Apa sebenarnya tujuan hidup itu?

Gw yakin ilmuwan sekelas Stephen Hawking juga ga bakal bisa mengungkap misteri yang satu ini.Allahualam..

Iya,Cuma Allah yang tau.


Gw mikir-mikir (lagi)..seandainya gw tau seberapa banyak waktu gw..apa ya yang bakal gw lakuin duluan?

Kalo ternyata besok itu ga pernah ada lagi buat gw..apa yang akan gw katakan,lakukan,atau berikan ke bonyok gw,sahabat-sahabat gw,orang yang selama ini gw cintai,orang-orang yang pernah gw sakiti..

I just bloody have no idea.

Tapi satu yang gw tau pasti gw akan berbuat yang terbaik.

Semampu gw.


Yah..ternyata hidup kalo di’simulasikan’ menjadi sebuah waktu yang sempit ternyata akan membawa dampak yang bisa dibilang sangat positif.bahkan untuk orang yang tadinya musuh bebuyutan sekalipun.

Salah satu contohnya tuh di bukunya Covey,7 habits of highly effective people..si Covey ini adalah salah satu dosen di sebuah universitas.Mahasiswa-mahasiswanya bisa dibilang sangat sulit..ada aja yang cekcok,ribut,berdebat,dan tidak menghargai satu sama lain..

Akhirnya pada suatu ketika dia menyuruh para mahasiswa untuk melakukan simulasi dimana mereka semua itu seakan-akan hanya memiliki sisa hidup 1 minggu di dunia ini dan harus benar-benar menjiwainya..Covey pun ikut turun tangan demi penjiwaan simulasi ini.

Hebatnya cara ini berhasil!para mahasiswa yang tadinya terlibat masalah akhirnya tanpa ditegur maupun dipaksa menjadi rukun,stabil,dan mulai bisa bekerja sama.

Mereka merasa bahwa waktu itu menjadi sangat berharga.

Terlalu berharga apabila dibandingkan untuk menjaga ego yang tidak penting dan kebanggaan berlebihan pada masing-masing personal.


Gw juga jadi inget salah satu episode Spongebob Squarepants..waktu si Spongebob makan pie dari Squidward yang ternyata berisi bom,ga sengaja sih..

Nah si Squid tuh kan empet banget sama Spongebob..tapi pas Squid tau Spongebob makan tuh pie akhirnya dia mau ngelakuin semua yang ada di listnya Spongebob,”Me and my buddy” yang panjangnya bisa sampe Rock Bottom (paham aja gw)..

Menangkap ubur-ubur,tertawa keras-keras,melihat sunset..

Mau ngelakuin hal-hal yang sangat tidak dirinya..

Mau berkorban..


Mau berbuat yang terbaik semata-mata karena ia hanya punya sedikit waktu bersama seseorang..even seseorang itu adalah makhluk yang amat dibencinya..

Kalo sama rival aja bisa begitu..gimana sama orang yang kita cintai?

Sebuah pendekatan afirmatif terhadap singkatnya waktu yang kita punya benar-benar bisa merubah pandangan orang terhadap hidup beserta orang-orang di sekitarnya.

Afirmasi itu sendiri arti singkatnya adalah sebuah penegasan atau penekanan bahwa sesuatu itu adalah benar adanya…sebuah simulasi..bertindak seakan-akan..

Semakin kita menjiwainya akan semakin terasa harganya..dan semakin siap pula kita ketika hal itu benar-benar terjadi nanti.

simulasi liburan gw..hhe

amiin


Kalo afirmasi bisa dilakuin buat hal-hal yang menyedihkan,bisa ga buat hal-hal yang menyenangkan?

Bisa aja sih..gw sering tuh bayangin gw udah jadi dokter SpKK,beli Jimmy Choo ato Manolo Blahnik pake duit sendiri,nyetir Audi gw sendiri,honeymoon di Cayman island.. xP

Boleh-boleh aja..malah sangat bagus klo bisa ningkatin semangat..ya ga?


Tapi kebanyakan orang baru dapet pelajaran klo udah ngerasain hal-hal yang pait kan?jadi afirmasi ini biasa dilakukan untuk hal-hal yang menuntut kita menjadi lebih waspada.

Makanya yang sering dilakuin biasanya simulasi badai tsunami,simulasi kebakaran,kalo ga simulasi demo..

Ga ada kan simulasi hujan duit?Simulasi bensin gratis?

Lucu kali ya klo ada simulasi hujan duit..orang-orang pada beli jala buat menjaring duit yang turun dari langit..(apa coba)


So..if tomorrow never comes..would he know how much I love him?

Or maybe..

It doesn’t matter for him anyway..


*SIDE EFFECTS of FORMALIN : local toxic effect,allergic reaction,and eczematoid

dermatitis.

Kayaknya ngerusak saraf gw ya bo.kok gw jadi mellow gini..ahaha

cheeriO!

No comments: