Tuesday, April 6, 2010

ACCEPTANCE

Baru hari ini gue nangis gara-gara macet.
Macet.

Kadar emosional gue harus disensitisasi lebih besar sebenarnya kalo cuma menghadapi macet.
Tapi ini rasanya jauh dari itu.
This is about the traffic-storm-flood-lost melancholy.

Beberapa hari ini gue masuk ke dalam tahap paling ajib dari skripsi gue.
Nyari data.
Setelah kesasar-kesusur memperjuangkan medrec akhirnya gue mendapatkan alamat pasien yang bakal gue datangi, diagnosis kerja, dan data-data lain.
Kalo dibilang alamat di medrec sangat membantu gue bilang sih ENGGAK juga.
Banyak alamat yang ditulis pake huruf arab botak alias ga bisa dibaca..
Orang-orang yang alamatnya di luar Bandung which is gue eksklusi..
Orang-orang yang almarhum/ah..

Bosen lah ya kalo bagian itunya mah
Gue mau cerita bagian yang bikin vibrasi aja.Geter-geter gitu.(?)

Sebenernya gue sendiri pesimis skripsi gue bisa dilakukan.
Melihat alamat yang madesu itu gue sempet mikir jangan-jangan gue ga bisa lulus tahun ini.
(Astagfirullah)
Gue pasrah.
Mana gue buta jalan, belom lagi kaco kalo masalah ngapalin jalan.
Tapi untunglah ada ilmuwan-ilmuwan cerdas menginventori sebuah teknologi bernama 'Google Map'
Gila.
Kalo udah selese ini kacrut semuanya mungkin gue bakal kirim e-mail sama developersnya.
Sekedar pingin ngucapin something like "Nuhun pisan nyak.."-dsb.
Seriously,this is a very smart invention.
Orang buta arah kanan kiri suka kebalik kayak gue diberikan arah sejelas-jelasnya selamat sampe tujuan.
Ok,kedengerannya norak dan pasti orang pada mikir yaelah-kemana-aja-lo.
But I will appreciate it as my acceptance.
Ga apa-apa karena orang ga tau betapa berartinya ini buat gue.(backsound : You Raised Me Up- Josh Groban).

Yeah gitu trus tadi gue nangis di mobil dan..
Bentar (sipping jasmine greenteas)


Sampe mana ih?
Oh ya sampe saat ini Alhamdulillah udah 50% responden gue kumpulkan dalam kurun waktu seminggu.
Insya Allah seminggu lagi rebes dan gue bisa melanjutkan bab 4 dan 5 sebagai finishing touch (yah,pasti banyak touch-up nya sih ;p)
Eniwei photoshoot buku angkatan di kampus sudah mencapai 50% jugaaaa :) :D
Agak sedih tapi tadi ga bisa ikutan sampe selese karna mau ketemu responden.
Terus kan..
Ahh ga fokus!

Nah terus bagaimanakah seorang oposum buta seperti ori-ba (Ederong-way nickname) menemukan sang responden?

1.Klik di Google Map kecamatannya,kelurahannya.Catet sampe belok kanan-kirinya.
2.Pelototin petanya.
3.Ngaji dulu 2 juz..(ga kok,but I will)
4.Dijalan kunjungi dulu kecamatannya.
5.Kelurahannya lah ya
6.RW nyah
7.Yak makin dekat sodara-sodara..kita ke RT nya
8.Baru deh tanya orang lewat (ex: "Punten Bu,ini RT sekian RW sekian?Ada yang namanya Pak Nganu ga?Itu loh yang kena luka bakar.." dan si Ibu itu pun akan menjawab "Oooh Pak Nganu ayo sini Neng Ibu anterin kerumahnya." Gue : :D )
9.Wawancara dimulai.
Ihiy

Semua responden menurut gue punya respon yang positif dan mereka kooperatif.
Dan semuanya pun unik, bikin gue terhanyut dan ga bisa lupa.
Kalo gue bikin acara grammy atas para responden gue (apa sih) gue bakalan memberikan mereka piala masing-masing satu.Abis semuanya punya semangat hidup yang luar biasa dibalik kehidupan yang jauh dibawah rata-rata.
It's just.. am ashamed of myself.

Terkadang kalo gue udah nyampe kosan terus gue inget-inget perjalanan hari itu gue pengen ketawa-ketawa sendiri.
Buat gue ini yang paling menegangkan.
Nope, I wont talk about a supranatural metaphysical stuff.No,really.
Jadi pas hari Sabtu (3/4) adalah jadwalnya gue ke Dayeuh Kolot.
So extraterrestrial fer me,of course.
Tepatnya di Kp.Sirnagalih Kel.Sukasari something..
Karena gue bener-bener pasrah ama mbah Google ya gue susurin aja noh jalan setapak, lembah, jurang..sampe gue mesti ngelewatin daerah penuh ilalang tinggi (dan gue pikir ga ada satupun makluk hidup disitu)..
Then ga cuma sampe itu aja pas gue berniat lewat jalan Cijeruk..I wus losing track!
Ga tau itu apa tapi jalan satu-satunya adalah jalanan yang offroad gorila.
Kanan-kiri gue danau berombak ngeri-ngeri amboi dan jalan yang gue lewatin itu ga ada pembatasnya.
Saat itu gue mikir..Well kalo apes-apesnya ban gue kempes disini ketusuk apa kek gitu.. abis aja nih.
Gue tenggelem di danau.Ga bisa berenang.Ga skripsi.Ga bikin acara nujuh bulanan anak gue.
Sampe gue ga ngegas sangking pelannya jalan di jalanan maksiat itu.
Dalam hening kuberdoa.

Doa gue terkabul laksana jalanan itu berakhir sudah.
Sekarang gue dihadapkan jalanan lurus tak berujung.Pelan-pelan gue ngegas dan menemukan sebuah warung.
Gue coba nanya ke teteh-teteh warung..rada telmi gitu bo.
Malah pertanyaan gue dijawab dengan cemerlang sama anak singkong berusia kira-kira 8-9 tahun.
Dia kenal sama responden gue. T.T
Gue udah ga bisa mikir,gue ajak dia aja masuk mobil, gue culik sebentar buat nunjukin rumah.

I didn't know exactly what am feelin but I felt like everthing slow down.
I could feel the noise of breezy air, the way it got thru my skin.
I live in a deadline, never imagine I can sabotage it to be 'alive-line'
And for a moment around the lively..I was dead.Inside.

Cukup jauh juga untuk mencapai rumah si responden.Tapi sekali lagi ada aja orang baik yang menghampiri gue.Bapak-bapak bermotor dengan ramah memberikan tumpangan pada gue dan Ahmad.
Iya, tuh bocah namanya Ahmad.Tiga SD.Dan bikin gue nyesel setengah juta karena ga sempet ngasih apa-apa ke dia.
Bukannya gimana, anak segitu emang lagi hiper ato gue nya lelet, pas gue ngasih sesuatu ke dia..udah aja gitu dia lari ngabur..nyerusup ke hutan belantara itu.
Then again,I just didn't know.Again, God sent me an angel.

Gue masuk ke rumah yang sangat sederhana.
Keadaan yang agak berantakan membuat pemiliknya menegaskan bahwa tempat mereka baru terkena gempa.
Gue sempet nunggu sebentar karena si anaknya lagi di sawah dan berbincang sama ibunya yang ternyata lagi sakit.
Dari cerita si ibu gue akhirnya tahu gimana kronologis musibah luka bakar yang dialami anaknya, gimana anaknya itu ga bisa nerusin ke SMA karena ga ada biaya, sampe kegigihannya untuk menjalani hidup dengan apapun yang bisa ia lakukan.Sincerely.
Anak itu ga banyak ngomong, tapi ramah.
Badannya hitam legam, bau matahari, celananya berbercak tanah.
But one thing, he is happy.
Dengan senang hati dia mengisi kuesioner yang gue berikan.

Gue sempet ngobrol lumayan lama sama keluarga itu.Gue ketawa aja pas mereka kira awalnya gue dari Tim Bedah Rumah.
Ketawa miris.Entah kenapa gue jadi sedih ga bisa bantu apa-apa ke mereka.
Yeah,gue harap beneran deh ya tuh Tim Bedah Rumah kesana.


It was just one respondent then I couldn't tell u the whole story afterall.
But afterall I just can confess that I am a whore.
A whore of perfection.

A spoiled girl whose lack of acceptance.
Tearing and screaming aloud, instead some others building and screaming inside.
A spoiled girl whose spoil the money
A cup of latte and escapades, instead some others a bunch of sweat and responsibility.
A spoiled girl whose too in love with herself.
Alone and winning, instead some others in a company and sharing the life.


And again when it comes to relationship.
Kita cuma bisa membuat sebuah hubungan apabila kita mau terlibat di dalamnya.
Mau mengambil andil dan bertanggung jawab atasnya.
Either way, in a relationship..
You can't be you and you-alone.

Gue sama sekali bukan pakar dari masalah penerimaan ini.
Remember that am a whore whose lack of acceptance, am surely can't build a strong relationship.
Tapi gue merasakan ada suatu titik dimana egosentris akan bocor dengan merembesnya rasa saling tergantung.
Yesterday,today am exploring myself and accept it.
Today,tomorrow I need the other gigolo.

Taming without boundaries.
Support without spoiling.
Vision with no tension.


Damn-O-acceptance.

cheeriO! :D


P.S
My paper is about to be "Gambaran penerimaan Olivia Aldisa terhadap kehidupan"
Dear respondents, it's not yous.It's me ;p

7 comments:

Anonymous said...

asli! sepakat gw sama omongan lo tentang google maps.. gokil niy aplikasi... help a lot.. tiap gw mo tes ato wawancara kerja.. gw sangat mengandalkan googlemap the great.. hehhe...

btw.. seru banget tuh ri cerita lo.. dah kaya detektif aja.. hihi..

yah ri... semangat dong! masa tb2 jadi pesimis gitu tentang hidup... hehe... :D

ori is ori.. cant be compare with others...


intinya semangatlah.. =)

Anonymous said...

ahahhaha...

gw ngetik "<" sama ">" jadi ilang y.. baru ngeh gw...

orRI said...

Hahahahaa ga pesimis ko cuma lagi sensitif.PMS kali yaaaa

iya gue pengen salaman ama yang bikin google map! :DDDD

Again,thanks Anonymous.Gudluck fer u too :)

ariezky said...

ahahah.. kalo punya gmail ternyata bisa langsung pake nama.. hihi...

ihh.. lupa apa emg g kenal ri.. :D
y ud.. kenalan aja kalo gitu..=)
gw dulu pas di 8 d panggil curut, sampe sekarang siy.. hahaha...

kalo g salah lo dulu anak MESIS y...

iya niy ri.. kerjaannya pengangguran.. ngliatin profile orang2 yg nongol di home... trus gw liat lo ada link ke sini..

asli g ada kerjaan banget gw...

lo rencana wisuda kapan??

orRI said...

tau ko gue..kalo pake nama curut mah hahhaa parah bgt.
iya dl anak mesis, pseudomesis (garing)

lah kerja dong lo masa anak 8 nganggur??biar iseng2 dibayar gituu hohoho smangat!!

rencananya sih wisuda agustus akhir.doain aja yaaaa
ehehheh :DDD

ariezky said...

hmm... emg lebih terkenal curut kayanya dari pada ariezky.. T_T

ahahha... becandaannya anak FK ya? hihi...

iya niy... lagi cari2 kerja terus.. blom ada yg cocok.. hehe... doain aja supaya gw cepet dapet kerja ri.. =)

waw agustuts! sama kaya di UI dong wisudanya agustus... unpad berapa kali wisuda dalam setaun??

iya.. pokoknya sukses deh skripsi nya lancar! amin... =)

orRI said...

setau gue mah 2x..tp ga tau juga.
ah jual mahal aja sih itu lonya
pingin gaji gde yaa hahhahaha
huu bikin iri aja pgn cpt2 kerja gue :(